Pendidikan Adalah Faktor Utama Pembangunan Berkelanjutan

| 23 September 2016

Pendidikan Indonesia Harus Selaras Dengan Landasan PBB



Pendidikan Indonesia Harus Selaras Dengan Landasan PBB
Image by: Pixabay

Pada tanggal 18-19 September 2016 kemarin, Mendikbud Muhadjir Effendy mendatangi acara Report Launch on International Commission on Financing Global Education Opportunity di New York, Amerika. Ditegaskan oleh Muhadjir pada acara tersebut bahwa pendidikan ialah merupakan salah 1 faktor yang sangat krusial bagi pembangunan berkelanjutan.

 “Global Education Monitoring Report 2016 yang telah diluncurkan pada awal bulan ini menunjukkan bukti dari pentingnya pendidikan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan,” begitu disampaikan Muhadjir di acara tersebut, Senin (19/09/2016).

Menurut Muhadjir, apabila kemajuan pendidikan tidak diprioritaskan, dipastikan bakal menyebabkan hasil dan akibat yang sangat fatal pada pembangunan berkelanjutan nantinya. Namun, apabila mampu menyelesaikan pendidikan menengah dan atas secara universal hingga tahun 2030, maka 200.000 kematian karena bencana dalam 20 tahun ke depan akan bisa dicegah.

Pada forum tersebut, Muhadjir selaku Mendikbud sangat menitikberatkan tentang pengembangan pendidikan yang harus selaras dan sesuai dengan landasan PBB yakni untuk berperilaku berdasarkan 12 rekomendasi pola yang dikenal dengan istilah "Generasi Pembelajar".

“Untuk menghormatinya, Indonesia menguatkan komitmen yang mendukung penyelenggaraan Global Monitoring Report tersebut untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan,” terang Muhadjir.

Harapan dari Muhadjir bersama negara-negara lainnya dalam usahanya mengedepankan pendidikan adalah supaya mampu berkontribusi aktif demi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Ditambahkan lagi, semoga mampu membuat kehidupan yang lebih damai, masyarakat yang bersatu padu dengan kehidupan yang bermartabat, seimbang, dan berkeadilan.

“Pada kesempatan ini saya mengajak semua pihak untuk bekerja bergotongroyong, mendorong diri sendiri, dan meyakinkan satu sama lain untuk berinvestasi lebih demi pendidikan. Kita membutuhkan usaha yang luar biasa, tidak hanya pemerintah saja yang menjalankan, tetapi juga sektor mandiri, termasuk keluarga dan masyarakat untuk memastikan pencapaian tujuan kita dalam memajukan pendidikan,” ajak Muhadjir.

Report Launch on International Commission on Financing Global Education Opportunity ialah merupakan feedback dari kesepakatan Oslo Summit tahun 2015 yang diselenggarakan oleh pemerintah Norwegia, bekerjasama dengan United Nations (UN) Special Envoy for Global Education, Gordong Brown. Penyelenggaraan kesepakatan tersebut bertujuan untuk menggerakkan dan merevitalilasi komitmen dunia internasional terhadap dunia pendidikan.


InformasiGuru.Com Updated at: 05.20

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi