Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Matematika-MIPA K13

| 17 April 2018

Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Matematika-MIPA Kurikulum 2013/K13/Kurtilas

Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Matematika-MIPA Kurikulum 2013/K13






Peminatan adalah suatu keputusan yang dilakukan oleh siswa/peserta didik untuk memilih kelompok mapel sesuai minat, bakat, dan kemampuan selama mengikuti pembelajaran di SMA. Pemilihan peminatan dilakukan sejak kelas 10 atas dasar kebutuhan untuk melanjutkan keperguruan tinggi.

Adanya kelompok mapel wajib dan peminatan dalam kurikulum SMA/MA dan SMK/MAK atau yang sederajat bertujuan untuk menerapkan prinsip kesamaan antara SMA/MA dan SMK/MAK. Mapel peminatan diikuti oleh peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Struktur kurikulum memperkenankan peserta didik melakukan pilihan dalam bentuk pilihan kelompok peminatan, pilihan lintas minat, dan/atau pilihan pendalaman minat.

Matematika peminatan memiliki tujuan khusus yang antara lain adalah Mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap gejala, fenomena/fakta, konsep, prinsip, atau kaidah atau sistem aksioma dalam matematika, Menganalisis dan mengevaluasi gejala, fenomena/fakta, dan/atau data dengan menggunakan konsep, prinsip, atau kaidah/sistem aksioma matematika, Memahami fakta matematika atau fenomena yang berkaitan dengan matematika berdasarkan pengetahuan faktual, konseptual, atau prosedural yang dimiliki, Menyajikan ide/gagasan, atau hasil analisis dan/atau penyelidikan dalam matematika dan lain-lain.

Tulisan kali ini yang berjudul Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Matematika-MIPA Kurikulum 2013 dimaksudkan untuk membantu peserta didik yang sebentar lagi akan menempuh ulangan/penilaian akhir semester genap. Contoh soal ini diharapkan bisa dijadikan sebagai salah satu referensi dalam belajar untuk semakin memantapkan diri jelang ulangan kenaikan kelas pada tahun pelajaran kali ini.

Contoh soal PAS/UKK mapel Matematika-MIPA K13 semester 2 ini merupakan soal yang telah diujikan pada tahun 2017 yang lalu sehingga ia sangat layak dijadikan sebagai media belajar bagi peserta didik. Dengan memakainya sebagai media belajar, diharapkan peserta didik bisa memiliki tambahan pengetahuan akan materi soal yang kira-kira diujikan nantinya.

Berikut adalah tautan Download Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Matematika-MIPA K13:



Adanya kelompok mata pelajaran wajib dan mata pelajaran peminatan dalam kurikulum SMA/MA dan SMK/MAK atau yang setara dimaksudkan untuk menerapkan prinsip kesamaan antara SMA/MA dan SMK/MAK. Mata pelajaran peminatan diikuti oleh peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Struktur kurikulum memperkenankan peserta didik melakukan pilihan dalam bentuk pilihan kelompok peminatan, pilihan lintas minat, dan/atau pilihan pendalaman minat.

Kelompok mata pelajaran peminatan SMA/MA bersifat akademik atau untuk mendalami, mengaplikasikan atau memperluas lebih lanjut kajian atau muatan pada mata pelajaran wajib. Kelompok peminatan terdiri atas peminatan matematika dan ilmu-ilmu alam, peminatan ilmu-ilmu sosial, peminatan ilmu-ilmu bahasa dan budaya, pilihan lintas minat atau pendalaman minat, dan peminatan vokasional atau kejuruan. Peminatan matematika dan ilmu-ilmu alam terdiri atas mata pelajaran matematika, biologi, fisika dan kimia.

Sejak kelas 10 peserta didik sudah harus memilih kelompok peminatan yang akan dimasuki. Pemilihan peminatan berdasarkan nilai rapor di SMP/MTs dan/atau nilai UN SMP/MTs dan/atau rekomendasi guru BK di SMP/MTs dan/atau hasil tes penempatan (placement test) ketika mendaftar di SMA/MA dan SMK/MAK dan/atau tes bakat minat oleh psikolog dan/atau rekomendasi guru BK di SMA/MA.

Pada akhir minggu ketiga semester pertama peserta didik masih mungkin mengubah pilihan peminatannya berdasarkan rekomendasi para guru dan ketersediaan tempat duduk. Untuk sekolah yang mampu menyediakan layanan khusus maka setelah akhir semester pertama peserta didik masih mungkin mengubah pilihan peminatannya. Untuk MA, selain ketiga peminatan tersebut ditambah dengan kelompok peminatan keagamaan.

Peserta didik yang telah memilih kelompok peminatan tertentu, harus mengikuti semua mata pelajaran yang terdapat dalam kelompok peminatan yang telah dipilihnya. Artinya, peserta didik yang telah memilih kelompok peminatan matematika dan ilmu-ilmu alam, harus mengikuti mata pelajaran peminatan matematika, biologi, fisika dan kimia, sesuai dengan kelompok peminatan yang telah dipilihnya.

Kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran matematika peminatan dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi, memecahkan masalah dan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, inovatif dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama untuk meningkatkan kecakapan hidup peserta didik dalam memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk hidup lebih baik pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan sangat kompetitif.

Pendekatan pembelajaran matematika melalui pemecahan masalah merupakan fokus utama dalam pembelajaran yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah yang dapat diselesaikan dengan berbagai cara. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, memilih strategi, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.

Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem) atau sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki siswa. Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep lebih lanjut di matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan alat peraga sederhana, maupun alat teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer.

Belajar matematika artinya membangun pemahaman tentang konsep-konsep, fakta, prosedur, dan gagasan matematika. Memahami adalah membuat pengaitan antara gagasan, fakta, dan prosedur. Mengenalkan gaya belajar kepada siswa dan mengadaptasi berbagai macam strategi pembelajaran akan memudahkan siswa memahami konsep-konsep matematika.

Dengan pemahaman seperti ini, memungkinkan seorang guru untuk dapat berupaya memberikan inspirasi kepada siswa dengan gagasan-gagasan matematika yang menantang dan menyenangkan yang dikemas dalam pembelajaran matematika yang interaktif. Sehingga secara kreatif siswa dapat menciptakan atau menemukan konsep-konsep matematika yang sebelumnya telah ditemukan para pendahulunya. Dengan adanya ruang gerak untuk proses penemuan bagi siswa memungkinkan siswa memiliki prakarsa dan kreativitas. Kemandirian siswa dalam belajar dapat meningkat secara signifikan setelah siswa belajar matematika dengan salah satu pendekatan yang tergolong inovatif. Pengetahuan matematika siswa dapat dikonstruksi melalui proses negosiasi antar siswa dan kebenarannya dikonfirmasi oleh guru. Pembelajaran matematika yang inspiratif dan menyenangkan merupakan pembelajaran yang “grounded” dalam dunia siswa.

Pelaksanaan pembelajaran matematika diharapkan menggunakan pendekatan dan strategi pembelajaran yang memicu peserta didik agar aktif berperan dalam proses pembelajaran dan membimbing peserta didik dalam proses pengajuan masalah (problem posing) dan pemecahan masalah (problem solving). Pada tahap akhir diharapkan pembelajaran matematika dapat membentuk sikap-sikap positif peserta didik seperti kedisiplinan, tanggung jawab, toleransi, kerja keras, kejujuran, menghargai perbedaan, dan lain lain. Selanjutnya di kemudian hari dapat terbentuk pola berpikir ilmiah yang merupakan suatu kebiasaan.

Konsep matematika disajikan dengan bahasa yang jelas dan spesifik. Bahasa matematika sangat efisien dan merupakan alat yang ampuh menyatakan konsep-konsep matematika, merekonstruksi konsep atau menata suatu penyelesaian secara sistematis setelah terlaksananya eksplorasi, dan terutama untuk komunikasi. Bahasa matematika ini tidak ambigu namun singkat serta jelas. Hal ini sangat diperlukan terutama terlihat dalam menyusun suatu definisi ataupun teorema.

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan agar mendapatkan isi file yang lengkap dan utuh.

Demikian tulisan tentang

Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Matematika-MIPA Kurikulum 2013

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 05.25

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!