Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Kimia K13-MIPA

Posted by Admin on 13 April 2018

Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013/K13-Peminatan-MIPA

Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-Peminatan-MIPA






Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-MIPA/Peminatan ini disajikan dengan tujuan membantu peserta didik yang sebentar lagi hendak menjalani ulangan/penilaian akhir semester/ ulangan kenaikan kelas pada semester genap ini. Dengan hadirnya contoh soal ini diharapkan memberi efek positif berupa daya ungkit hasil belajar pada siswa khususnya kelas 10.

Karena PAS/UAS/UKK semester II/2 merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi naik dan tidaknya peserta didik ke jenjang selanjutnya, maka sudah semestinya ia dipersiapkan secara sungguh-sungguh dan serius. Belajar merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi mengingat ia merupakan kewajiban setiap peserta didik. Seperti pepatah berbahasa Inggris yang berbunyi: No pain No Game yang berarti bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Dengan belajar secara baik dan tersistem maka hasil akan mengikuti dengan sendirinya.

Seperti mapel yang terkelompok dalam peminatan MIPA lainnya semacam Biologi, Fisika, dan Matematika Peminatan, mapel Kimia juga masih sering dianggap sebagai momok yang relatif mengerikan bagi peserta didik. Tetapi mindset tersebut harus segera dirubah dengan keyakinan bahwa semua mapel adalah menyenangkan dan bisa dipelajari.

Jumlah soal UAS/UKK/PAS semester 2 mapel Kimia-MIPA (Peminatan) K13 ini berjumlah total 45 dengan rincian; 40 soal merupakan pilihan ganda dan 5 soal adalah essai. Sebelum mengunduh, hal yang harus diperhatikan adalah bahwa soal tidak dapat disunting atau diedit. Dengan demikian, cara penggunaan dokumen atau berkas yang paling baik adalah dengan cara dicetak atau diprint.

Berikut adalah tautan Download Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Kimia -Peminatan-MIPA Kurikulum 2013 tersebut:


Download Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Kimia Kurikulum 2013-MIPA-Peminatan


Berikut adalah kutipan sebagian dari contoh soal tersebut:

I. Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e pada lembar jawaban yang tersedia!

1. Suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik apabila mengandung ....
A. elektron yang bergerak bebas
B. air yang dapat menghantarkan listrik
C. air yang terionisasi
D. logam yang merupakan penghantar listrik
E. ion-ion yang bergerak bebas

3. Pasangan senyawa berikut ini yang merupakan larutan elektolit kuat dan lemah adalah ....
A. H2SO 4 dan NaOH
B. HCI dan NaCl
C. NH3 dan KOH
D. NH3 dan KOH
E. H2S04 dan CH3COOH

6. Di antara data-data berikut, manakah yang merupakan pengertian yang benar dari reaksi oksidasi?

Oksigen            Elektron      Bilangan oksidasi
A. bertambah   bertambah    bertambah
B. bertambah   berkurang     bertambah
c. bertarnbah    berkurang     berkurana
D. berkurang    bertambah    bertambah
E. berkuranq    bertambah    berkuranq


15. Kerja lumpur aktif menggunakan bantuan ....
A. bakteri anaerob
B. bakteri aerob
C. enzim
D. Algae
E. Sinar matahari

16. Nama yang tepat untuk senyawa CaCl2 adalah ....
A. Kalium klorida
B. Kalsium iodida
C. Kalsium klori.
D. Kalium bromida
E. Kalsium bromida


17. Menurut IUPAC, senyawa dengan rumus kimia N203 mempunyai nama ....
A. Dinitrogen oksida
B. Nitrogen (II) oksida
C. Nitrogen trioksida
D. Nitrogen oksida (III)
E. Dinitrogen trioksida

24. Ilmuwan yang menyatakan hukum kekekalan massa adalah ...
A. Lavoisier
B. Avogadro
C. Gay Lussac
D. Dalton
E. Proust

30. Apabila diukur pada suhu dan tekanan sama, gas-gas yang volumenya sama mengandungjumlah molekul yang sama pula. Pernyataan ini dikemukakan oleh ....
A. Lavoisier D. John Dalton
B .. Proust E. Avogadro
C. Gay Lussac

Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif, serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran dengan pendekatan ilmiah (saintifik) dan penilaian otentik yang menggunakan prinsip penilaian bagian dari pembelajaran. Setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan sampai membuat peserta didik terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak, serta bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran perlu diperkuat dengan menerapkan model pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning ), pembelajaran berbasis pemecahan masalah (problem based learning) dan pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Ilmu Kimia merupakan salah satu disiplin dari sains (natural science).

Ilmu Kimia berkembang dengan kekhususan mempelajari struktur dan komposisi materi, perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan materi tersebut. Sebagai ilmu, Kimia juga memiliki sifat sistematik, empirik, obyektif, serta dapat diteliti kebenarannya. Pada hakikatnya, Kimia terdiri atas produk (aspek deklaratif) yang berupa konsep, prinsip, teori, dan hukum. Ilmu Kimia diperoleh melalui proses (aspek prosedural) yang merupakan langkah-langkah kerja para ahli kimia dan ahli sains lain, yang disebut metode ilmiah. Keberhasilan suatu proses belajar mengajar ditentukan oleh interaksi antara guru dengan peserta didik dalam mencapai Kompetensi Dasar Kimia.

Pembelajaran Kimia pada kurikulum terbaru menekankan pada keseimbangan antara keterampilan, penalaran, dan pengembangan sikap. Hal tersebut tercermin dalam rancangan kurikulum sebagai panduan belajar yang memuat kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, dan kegiatan pembelajaran.

Rangkaian ini merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling mendukung satu sama lain. Kompetensi inti merupakan visi pendidikan yang akan dicapai setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Kimia. Visi pendidikan tersebut meliputi karakter-karakter yang harus tertanam pada siswa yang kemudian dikembangkan dalam aktivitas nyata pada kehidupan sehari-hari. Visi ini menjadi sumber acuan dalam mempelajari setiap pokok-pokok materi dalam setiap bab.

Kompetensi dasar adalah tujuan pembelajaran yang mencakup kegiatan-kegiatan normatif atau sikap- sikap yang harus dikembangkan selama mempelajari materi pelajaran Kimia di sekolah. Materi-materi pokok adalah bahan pembelajaran yang dipelajari di kelas maupun di laboratorium yang mengacu pada buku ajar Kimia yang digunakan. Materi pokok merupakan sumber karakter yang harus digali selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Karakter-karakter inilah yang diharapkan menjadi inspirasi bagi peserta didik untuk membentuk dirinya memiliki sikap ilmiah, lebih manusiawi, dan semakin religius.

Kegiatan pembelajaran merupakan implementasi sehari-hari yang harus dikembangkan untuk mempelajari Kimia di sekolah. Kegiatan pembelajaran ini meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi-materi pokok yang telah dipelajari.
Rangkaian aktivitas pembelajaran ini dikembangkan untuk menggali karakter-karakter yang dapat dimunculkan dari materi-materi pembelajaran yang dipelajari. Dengan demikian, setelah mempelajari Kimia, siswa akan memiliki pemahaman dan sikap-sikap hidupnya yang semakin matang, tahu akan tujuan hidupnya, bijak menghadapi segala persoalan, dapat menemukan solusi yang benar terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi, disiplin, tanggung jawab, jujur, dan kreatif.

Berdasarkan uraian di atas, semakin jelaslah bahwa pembelajaran dengan kurikulum terbaru harus dilaksanakan dengan pendekatan yang berbeda dari pendekatan pembelajaran melalui kurikulum sebelumnya, walaupun sebagian besar materi pokok yang dipelajari sama. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam kurikulum terbaru, siswa diharapkan dapat aktif menggali sumber belajar dari lingkungan sosial dan lingkungan alam di sekitarnya.

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan agar mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan sampai di sini tulisan berjudul:

Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Kimia K13-MIPA

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Previous
« Prev Post

Related Posts

09.26

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!