Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 7 K13

| 29 Maret 2018

Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Prakarya SMP/MTs Kelas 7 (VII)  Kurikulum 2013/ K13 I pdf

Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Prakarya SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013






Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 7 K13 ini kami siapkan dan tujukan kepada para peserta didik khusus kelas 7 SMP/ MTs yang sebentar lagi berjuang menempuh UKK/ PAS/ UAS semester II. Diharapkan contoh soal UKK ini bisa menjadi sarana belajar bagi adik-adik dan bisa dimaksimalkan manfaatnya.

Mengingat bahwa ia adalah merupakan soal UKK yang diujikan pada tahun 2017 yang lalu, maka unsur validitas empiriknya sangat bisa dipertanggungjawabkan dan tingkat prediktibilitasnya bisa diandalkan. Peserta didik kelas 7 dapat memelajari contoh soal UKK ini dan diharapkan mampu memahami serta memprediksi kemungkinan jenis soal yang kira-kira akan keluar pada saat ujian kelak.

Sejarah Prakarya di Indonesia dimulai dari kegiatan nonformal yang bersinggungan dengan tradisi lokal yang memuat sistem budaya, teknologi lokal, serta nilai-nilai kehidupan bersosial. Oleh karenanya, penataan pelajaran Prakarya pada Kurikulum 2013 berjalan mengikuti perubahan serta berpijak pada perkembangan ipteks yang mendasarkan pada budaya lokal.

Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP kelas VII meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu para siswa diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar.

Kembali pada topik tulisan yakni Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 7 K13, berikut kami sajikan untuk Anda tautan untuk mendownloadnya. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan mampu mencerahkan peserta didik dalam rangka menghadapi UKK pada tahun ajaran kali ini.

Berikut adalah tautan Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II Prakarya SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013:


Download Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 7 K13


Berikut adalah kutipan dari Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 7 K13 tersebut:

2. Arti dari pengolahan adalah ....
a.membuat karya sendiri menjadi
b.membuat rangkaian
c.membuat bahan dasar menjadi
d.membuat program baru
7. Bberikut adalah klasifikasi sayuran berdasarkan bagian tanaman yang dimakan, kecuali ....
a.sayuran daun
b.sayuran berwarna hijau
c.sayuran bunga
d.sayuran buah
13. Contoh dari sayuran umbi lapis adalah ....
a.bawang putih, adas, kentang
b.daun kemangi, bawang bombay
c.bawang merah, daun perai
d.kentang, wortel
25. Kerajinan yang terbuat dari tanah liat, misalnya ....
a.keramik
b.tas
c.anyaman
d.cincin
35. Yang termasuk limbah lunak organik adalah ...
a.kulit kacang, kotak kemasan
b.kulit buah salak, jerami
c.kain perca, styrofoam
d.karet ban, kotak kemasan

Berikut kami tuliskan tentang ruang lingkup mapel Prakarya!
Ruang lingkup mata pelajaran Prakarya memiliki 4 aspek, berikut.
1. Kerajinan
Kerajinan dapat dikaitkan dengan kerja tangan yang hasilnya merupakan benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan: estetika-ergonomis, dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy), dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada prosedur pembuatannya. Lingkup ini dapat menggali dari potensi lokal dan seni terap (applied art), desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).
2. Rekayasa
Rekayasa terkait dengan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi dan membuat benda produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan pemecahan masalah. Sebagai contoh: rekayasa penyambungan balok kayu untuk membuat susunan (konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan dengan prinsip ketepatan agar susunan rumah tidak mudah runtuh.
Lingkup ini memerlukan kesatuan pikir dan kecekatan tangan membuat susunan mengarah kepada: berpikir kreatif, praktis, efektif, ketepatan dan hemat serta berpikir prediktif.
3. Budi Daya
Budi daya berpangkal pada cultivation, yaitu suatu kerja berusaha untuk menambah, menumbuhkan, dan mewujudkan benda atau makhluk hidup agar lebih besar/tumbuh, dan berkembang biak, bertambah banyak. Kinerja ini membutuhkan perasaan seolah dirinya pembudi daya. Prinsip pembinaan rasa dalam kinerja budidaya ini akan memberikan hidup pada tumbuhan atau hewan, tetapi dalam bekerja dibutuhkan sistem yang berjalan rutin atau prosedural,
Manfaat edukatif teknologi budi daya ini adalah pembinaan perasaan, pembinaan kemampuan memahami pertumbuhan dan menyatukan dengan alam (ecosystem) menjadi peserta didik yang berpikir sistematis berdasarkan potensi kearifan lokal.
4. Pengolahan
Pengolahan artinya membuat, menciptakan bahan dasar menjadi benda produk jadi, agar dapat dimanfaatkan. Pada prinsipnya, kerja pengolahan adalah mengubah benda mentah menjadi produk jadi pangan yang mempunyai nilai tambah melalui teknik pengelolaan seperti: mencampur, mengawetkan, dan memodifikasi sehingga menghasilkan produk pengolahan pangan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan bagi pengembangan kepribadian peserta didik adalah pelatihan rasa yang dapat dikorelasikan dalam kehidupan sehari-hari, sistematis yang dipadukan dengan pikiran serta prakarya.

KERAJINAN SERAT
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu, siswa mampu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, siswa mampu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa. Pengembangan kompetensi sikap spiritual dan sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pengetahuan dan Keterampilan untuk mata pelajaran Prakarya aspek Pengolahan pada semester I (satu) di Bab V ini, yaitu siswa mampu:

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolahdan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan serat dan tekstil. 4.1 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan serat dan tekstil yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain).
3.1 Memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif 4.2 Merancang dan membuat dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain).


InformasiGuru.Com Updated at: 16.17

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!